Gejala Polip Hidung

Polip hidung adalah tumor bertangkai yang timbul dari mukosa sinus hidung. Polip ini menyebabkan obstruksi hidung, rinorea, bersin dan penurunan atau hilangnya kemampuan menghidu. Terapi dengan kortikosteroid topikal dapat dilakukan. Terapi bedah mencakup polipektomi atau etmoidektomi.

Penyebab terjadinya polip belum diketahui secara pasti, namun beberapa polip tumbuh karena adanya pembengkakan pada hidung akibat infeksi.

Ada 3 faktor yang mempengaruhi terjadinya polip, diantaranya :

- Gangguan keseimbangan Vasomotor
- Peradangan lama dan berulang pada selaput permukaan hidung dan sinus
- Peningkatan tekanan cairan antar ruang sel dan bengkak selaput permukaan hidung

Adanya faktor alergi dan radang kronis yang berulang-ulang, maka terjadilah perubahan pada jaringan permukaan (mukosa) hidung, perubahan pembuluh darah, dan juga limfe. Keadaan ini akan berkembang terjadinya hambatan balik cairan interstitial. Cairan yang terumpul selanjutnya akan menimbulkan semacam bendungan yang bersifat pasif. Dari keadaan ini, berkembang menjadi pembengkakan di mukosa hidung. Makin lama proses ini berlangsung, penonjolan mukosa hidung akan bertambah panjang, sampai pada akhirnya terbentuk tangkai, maka terbentuklah polip.

Polip sering ditemukan pada penderita :

- 50% penderita Asma Bronkiale
- 48% penderita Ciystic Fibrosis
- Rhinitis Alergi
- 85% penderita Allergic Fungal Sinusitis
- Rinosinusitis Kronik
- Primary Ciliary Dyskinesia
- Aspirin intolerance
- Alcohol intolerance
- Churg-Strauss syndrome
- Young syndrome
- Nonallergic rhinitis with eosinophilia syndrome (NARES)

Tanda-Tanda Polip Hidung

Pada penyakit polip hidung biasanya timbul keluhan utama adalah hidung tersumbat, sumbatan ini menetap dan tidak hilang timbul. Semakin lama keluhan dirasakan semakin berat. Penderita sering mengeluhkan terasa ada massa di dalam hidung dan sukar membuang ingus. Gejala lain adalah hiposmia (gangguan penciuman). Gejala lainnya dapat timbul jika terdapat kelainan di organ sekitarnya seperti post nasal drip (cairan yang mengalir di bagian belakang mulut), suara bindeng, nyeri muka, telinga terasa penuh, snoring (ngorok), gangguan tidur dan penurunan kualitas hidup.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.

Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis. Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.

Secara pemeriksaan mikroskopis tampak epitel pada polip serupa dengan selaput permukaan hidung normal yaitu epitel bertingkat semu bersilia dengan subselaput permukaan yang sembab.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.

Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis.

Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.

Jadi gejala polip ini sangat beragam. Mulai dari pilek yang berlangsung lama, bersin-bersin, hidung tersumbat yang bersifat menetap, sering mimisan, keluhan akan adanya massa di hidung, sukar buang ingus, gangguan penciuman, bentuk hidung yang tidak lagi simetris, bengek atau bindeng, telinga rasa penuh, mendengkur/gangguan tidur, lendir dan rasa kering yang terkumpul di tenggorokan, sakit kepala, dan sebagainya. Kesemua keluhan itu tentu saja amat mengganggu dan sangat mempengaruhi produktivitas hidup si penderita.


=====================================

>>> Obat Polip Hidung Untuk Membantu Mengatasi Polip Hidung, Sebagai Antibiotik, Anti inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit dan Memperbaiki Organ Yang Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Polip Hidung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Gejala Polip Hidung

  1. Ardi says:

    Saya flu udah hampir 2 tahun.tapi nggAk sembuh sembuh
    kalau tidur sering mengorok dan nAfas saya bau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>