Penyakit Polip Hidung

Penyakit Polip HidungPenyakit Polip hidung merupakan tonjolan pada mukosa (jaringan permukaan) rongga hidung bagian dalam (cavum nasi). Polip pada hidung berbentuk tangkai dan memanjang. Oleh sebab itu, penderita polip hidung merasa terganggu akibat tonjolan di dalam hidungnya sehingga susah untuk bernafas dan pilek berkepanjangan. Jika seseorang mengalami pilek dan hidung serasa mampet, tidak serta merta menderita polip. Untuk itu segera periksakan ke dokter.

Penyakit Polip Hidung

Penyakit Polip Hidung

Jenis Penyakit Polip Hidung

Penyakit Polip Hidung terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

1. Polip Hidung Tunggal

Jumlah polip hanya 1 buah. Berasal dari sel-sel permukaan dinding sinus tulang pipi (maxilla).

2. Polip Hidung Multiple

Jumlah polip lebih dari satu. Dapat timbul di kedua sisi rongga hidung. Pada umumnya berasal dari permukaan dinding rongga tulang hidung bagian atas (etmoid).

Berdasarkan usia penderita, polip hidung lebih sering dijumpai pada usia di atas 20 tahun. Sangat jarang terjadi pada anak-anak. Perbandingan antara pria dan wanita pada usia dewasa berkisar 2 : 1. Walaupun Tidak Berbahaya, polip hidung sangat mengganggu bagi yang menderitanya

Penyebab Penyakit Polip Hidung

Sampai saat ini, penyebab terjadinya polip pada hidung belum diketahui secara pasti. Ada beberapa faktor yang dianggap menjadi penyebab terjadi nya polip hidung yaitu reaksi alergi dan peradangan menahun yang berulang

Beberapa penyakit dan kondisi yang berhubungan dengan Polip hidung, diantaranya :

  • Penyakit Asma
  • Rhinitis Alergika
  • Sinusitis Kronis
  • Intoleransi Aspirin
  • Intoleransi Alkohol

Gejala Penyakit Polip Hidung

Berikut gejala dan tanda-tanda terjadinya Penyakit Polip Hidung :

  1. Hidung mampet, berat ringannya hidung buntu bergantung pada letak dan ukuran Polip Hidung.
  2. Suara bindeng, penciuman menurun.
  3. Pilek berkepanjangan, hidung meler, encer hingga kental.

Keluhan-keluhan makin menjadi jika penderita mengalami alergi yang dipicu oleh berbagai faktor.

Insiden dari penyakit polip hidung biasanya menyerang anak-anak sekitar 0,1%, dan insiden pada anak-anak dengan kasus Cystic Fibrosis bisa mencapai 6-48%. Untuk kasus penyakit polip hidung yang terjadi pada orang dewasa, kejadiannya sendiri bisa mencapai sekitar 1-4%, dengan range sekitar 0,2-28%. Perhitungan tersebut dilakukan pada negara Amerika Serikat saja. Sedangkan secara internasional, kejadian polip biasnaya terjadi sama dengan kejadian polip hidung pada Negara Amerika Serikat.

Untuk penyakit polip hidung yang banyak menyerang orang dewasa atau juga anak-anak. Pada orang dewasa. Biasanya penyakit polip ini banuak ditemukan pada anak yang usianya lebih dari 20 tahun dan paling banyak ditemukan pada usia 40 tahun. Sedangkan untuk anak-anak baisanya insiden penyakit polip jarang sekali terjadi. Jika memang terjadi polip pada usia dibawah 2 tahun, maka hal yang harus dilakukan adalah dnegan menghilangkan suatu kemungkinan dari meningokel atau meningoensefalokel. Seorang anak yang mengalami kasus penyakit polip hidung biasanya juga harus mendapatkan pemeriksaan cystic fibrosis. Karena penyakit cystic fibrosis ini adalah salah satu faktor resiko penyebab penyakit polip hidung yang terjadi pada anak. Dan kasusnya sekirar 1-2 dari orang dewasa dengan penyakit cystic fibrosis yang mempunyai penyakit polip hidung.

Tidak adanya kepastian dari angka kejadian mortalitas yang berhubungan dengan penyakit polip hidung. Angka dari morbiditas biasanya harus dihubungkan dengan terjadinya suatu perubahan pada kualitas hidup. Selain itu juga pada obstruksi hidung, anosmia, sinusitis kronis, sakit kepala, tidur mendengkur dan juga drainase postnasal. Untuk kondisi tertentu, penyakit polip hidung akan mempengaruhi dari susunan pada rangka cranifacial. Karena penyakit polip hidung yang terjadi secara meluas pada intracranial dan kemudian menuju ke daerah orbita. Selain itu, penyakit polip hidung juga bisa menyerang pria dan wanita. Rasio dari penyakit ini terjadi adalah laki-laki dan perempuan dewasa sekitar 2-4:1. Dan sedangkan kejadian yang terjadi pada anak-anak hingga saat ini masih belum ada laporan khususnya. Kemudian tinjauan ulang yang dilakukan pada artikel melaporkan insiden dari kejadian penyakit polip hidung pada anak-anak biasanya membutuhkan suatu teknik pembedahan untuk membantu menunjukkan bahwa kejadiannya sama terjadi antara anak-anak dan juga pada anak perempuan. Pravalensi yang terjadi juga banyak dilaporkan untuk pasien dengaan kasus penyakit asma.

Penyakit polip hidung terjadi dibagian hidung. Untuk kasus penyakit polip nasi biasanya adalah salah satu bentuk suatu kelainan pada mukosa hidung dan juga pada sinus paranasal yang paling utama terjadi secara kpmpleks osteomeatal KOM pada meatus nasi medius. Dan dimana dari penyakit polip biasanya mengandung banyaknya cairan interseluler dan juga pada sel radang dan tidak memiliki ujung saraf atau juga pada pembuluh darahnya.

Munculnya penyakit polip hidung biasanya pada bagian yang sempit dan terletak pada bagian atas hidung, selain itu bagian dari lateral konka media, dan juga yang terjadi pada sekitar muara sinus maksila dan juga pada sinus etmoid. Dan untuk tempat inilah, mukosa pada hidung biasanya saling berdekatan dengan kebanyakan yang asalnya adalah dari mukosa sinus etomoid, Biasanya adalah pada multipel dan bisa juga secara bilateral. Pada penyakit polip yang asalnya  dari sinus maksila atau jga antrum yang adalah polip hidung yang baisanya paling sering dan juga pada penyakit polip yang berasal dari sinus maksila dan kemudian masuk ke dalam rongga hidung dan akan mengalami suatu pembesaran pada daerah koana nasopharing.

Penyakit Polip Hidung


=====================================

>>> Obat Polip Hidung Untuk Membantu Mengatasi Polip Hidung, Sebagai Antibiotik, Anti inflamasi, Mengurangi Rasa Sakit dan Memperbaiki Organ Yang Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Polip Hidung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *